top of page
  • Writer's pictureAngel Jauhari

Dikit-Dikit Tentang Marketing Funnel

Sambil refresh pengetahuan, sambil sharing ke temen-temen


Apa sih Marketing Funnel?

Intinya 2 kata: perjalanan pelanggan. Customer journey. Dari kepikiran butuh les Bahasa Inggris, sampe beneran beli kelasnya. Kepikiran mau beli laptop, sampe beneran beli barangnya.


Tell me more tell me more

Pernah denger AIDA? Ini nih model marketing funnel yang sering dipake para marketer, meskipun ada banyak model lain. Sedikit sejarah, AIDA pertama dikenalin sama Bapak-Bapak Amerika namanya Elias St. Elmo Lewis. Ini penjelasannya:


Awareness: Calon customer sadar, tahu, ada brand X di dunia ini. Ko bisa? Lewat iklan, obrolan tetangga, dipromosiin influencer, dll


Interest: Cuma tau brand ga cukup dong. Di tahap ini calon customer tertarik nih sama produknya (atau jasa). Menurut customer, produknya keren, tapi dia belum pengin beli.


Desire: Nah di tahap ini, udah ada hasrat untuk beli, tapi belum beli-beli juga. Kenapa? Masih cari review orang, bandingin harga sama toko sebelah, dan masih ragu gitu pokoknya. Jadi di sini dia butuh cari-cari lagi, dan penjual baiknya juga bisa jawab keraguan calon pembeli nih (bisa dengan cara sediain Admin untuk ditanya-tanya)


Action: Taraa! Calon customer udah jadi customer, alias udah beli produknya setelah melewati tahap sadar, tertarik, pengin beli tapi masih mau liat-liat dulu. Di sini dia udah yakin produk/jasanya sesuai kebutuhan dia.

Kenapa marketing funnel tuh penting sih?

- Untuk menyusun strategi: Kita tau nih calon customer ga serta-merta langsung beli, tapi lewatin tahap yang namanya Awareness dulu. Nah dengan tau tahap ini, kita jadi bisa susun strategi gimana sih biar orang tau produk kita?


- Untuk evaluasi: jadi bisa membagi kira-kira strategi kita salah di mana? Misal kita ngeliat orang banyak cek website toko kita, tapi kok ga beli2? Berarti awareness dan interest nya udah bagus, tapi desire dan action nya perlu dibenerin lagi nih


Masih banyak lagi sih modelnya. Kalo kata SproutSocial, abis tahap Action juga ada tahap Loyalty (customer mau beli lagi dan lagi), dan Advocacy (customer promosiin ke temen-temennya).


Let's discuss more and connect! Click here.


51 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page