top of page
  • Writer's pictureAngel Jauhari

Belajar Cara Belajar: 3 Tips Bikin Belajar Kamu Lebih Nempel

"Gue ga bisa."


"Ini lagi resesi. Gue ga mungkin berhasil dapet kerja."


Kamu baru aja membaca kata-kata yang biasa diucap oleh orang dengan fixed mindset. Penting untuk mengenali potensi dalam diri kita, seperti yang aku highlight di kelas RevoU kemarin bersama Ka Ega Adi Surya, VP Operations di RevoU. Komponen kunci dari framework belajar adalah konsep mindset. (Ini nih yang aku suka dari RevoU: Kita mulai dari fundamental!)


Here are some of the key points:


1. The Fluency Illusion

Kecenderungan untuk percaya bahwa kita udah menguasai suatu hal dan urung ngeliat bahwa masih ada lagi yang bisa kita eksplor, misal:


"Gue udah tau ko, ga usah belajar lagi."

"Gue lancar ko ngerjainnya. Ga usah ikut latihan lagi."


Untuk mengatasi hal ini, dianjurkan untuk ngelakuin Active Learning, caranya aktif bertanya, menjawab, ngajarin ke orang lain dan menerapkan informasi yang baru kita terima ini ke pekerjaan kita.


2. Desirable Difficulties

"Stuck" kadang pertanda baik.


Melihat stuck sebagai kesempatan belajar dibanding masalah baru. Misalnya, kamu running bisnis tapi background kamu baru di teori bisnis, padahal ada keahlian lain yang kamu perlukan seperti finance atau operations.


Ceritaku, sekarang saat menjalankan Kolmi English, kursus untuk profesional muda lebih lancar bicara English, awalnya aku punya background di B. Inggris dan Komunikasi. Aku punya limited knowledge tentang Operations dan Human Resources Management, dan aku tau itu penting untuk running Kolmi. Coba untuk catch up, tapi ternyata ga selalu mudah. But yes, ini kesempatan buat aku untuk tumbuh dan terus berjalan.


Retrieval and Deliberate Practice

Jangan sibuk nyatet.


Waktu belajar, daripada berfokus ke bikin catatan, lebih baik kita memprioritaskan the act of memahami dan menggali informasi. Bisa dengerin dulu lecture-nya, terus baru catet pake bahasa kita sendiri. Cara ini didukung juga oleh penelitian yang membuktikan kalo Retrieval and Deliberate Practice bisa meningkatkan hasil pembelajaran secara signifikan.

-

Aku akan nulis-nulis perjalananku ikut RevoU di web ini. Make sure to check it out!


Angel Jauhari adalah Founder Kolmi English, dengan visi meningkatkan kemampuan speaking Bahasa Inggris untuk profesional muda di Indonesia.

31 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page