top of page
  • Writer's pictureAngel Jauhari

Pengalaman Ikut RevoU: Worth It Ga Sih?

Finally I’m writing about this! Setelah lulus Full-Stack Digital Marketing RevoU September lalu, gue udah berniat menulis [REVIEW JUJUR] ikutan program ini. Yuk kita deep dive.


Jujur banget pokonya mah

Tulisan ini akan ngebahas

  1. Apa itu RevoU?

  2. Kenapa gue ikut RevoU?

  3. The Great Things (Apa yang bagus)

  4. What to Improve (Apa yang kurang)

  5. Referral buat kalian mau coba gratis


Apa itu RevoU?

Start-Up pendidikan yang produknya adalah kelas-kelas tech, seperti:

  • Digital Marketing

  • Product Management

  • Software Engineering

  • Data Analytics

  • RevoU NEXT (career coaching dan hands-on project)

  • Manager Academy (baru)


RevoU punya kelas gratis yang isinya pengenalan materi gitu. Plusnya, bisa memberi impresi buat kita calon-calon yang mau beli kelas Full-Stack berbayar. Minusnya, kelas gratis ini harus kepotong sama iklan. Iklan apa? Yap. Iklan untuk ikutan kelas Full-Stack.


Meskipun begitu, ga mengurangi esensi materi dan kualitas instrukturnya ya. Senengnya lagi, ada break down CV dan Mock Interview gratis oleh HR expert tapi hanya untuk 3 orang terpilih. Di kelas gratis itu pula, kita bisa mendapatkan kesempatan diskon early bird kalo emang tertarik beli kelas berbayar.


Free Mock Up Interview bareng Ka Irvandias Sanjaya

Kenapa gue ikut RevoU?

Alasan utamanya mau memperdalam teori & praktik marketing. Gue melihat permintaan yang semakin tinggi dari perusahaan dan instansi besar untuk hire seorang Digital Marketer profesional. Gue mau belajar lagi. Dan setelah menimbang beberapa nama, gue memutuskan pilih yang Full-Stack 3 bulan, setiap malam (kecuali weekend), dan banyak hands-on project baik individu maupun grup. Kriteria tersebut jatuh pada RevoU.


The great things (Apa yang bagus)

Pertama, materi. Kedua, karena ingin berjejaring. Dan bisa dibilang, inilah yang menjadi alasan gue SANGAT merekomendasikan RevoU untuk teman-teman pemula dan profesional. Cerita sedikit, jadi sistem di kelas gue adalah:

  • Materi & QnA oleh Instruktur 

  • Simulasi dan penjelasan lebih lanjut bareng Team Lead (mirip Asisten Dosen gitu sistemnya)

  • Tugas yang dibagi menjadi 1) Foundation (Multipiple Choice), 2) Intermediate (Essay/Deck), 3) Advance (Deck yang lebih sulit lagi)

  • Tugas terpilih sering mendapat hadiah. Yaitu 1-on-1 session bersama instruktur ahli.


Dari sekitar 12 modul, gue kerjain semua tugas Advance yang ada (wahahah pusing sebetulnya mah). Dengan harapan akan memenangkan 1-on-1 itu dan mendapat insight khusus terkait bisnis kecil yang sedang gue bangun. And yes I got it :’)


Instruktur tersebut di antaranya:

Shoutout to them, gue diberikan tips untuk mengembangkan Tiktok gue (yang sekarang 10.5K+ community!), Instagram bisnis gue (Kolmi English) dan diberi insight umum seputar bisnis tentunya.


Network yang dibangun di RevoU itu 360. Bukan cuma ke Instruktur, tapi juga ke sesama Student RevoU dan tim Faculty yang berisi Section Manager (ibarat wali kelas) dan Team Lead (ibarat asisten dosen). Shoutout to Ka Nindy dan Vira yang menjadi wali kelas terbaik selama gue ikut RevoU & Ka Janice yang selalu kasih feedback substantif meskipun itu jam 12 malem. Ga lupa, kita juga akan dibagi ke dalam grup yang perannya rolling, jadi Project Manager, Performance, Technical, dll secara bergantian. Merasa sangat diapresiasi selama belajar di RevoU. Aw.


Tim J yang super seru dan selalu suportif!

Ketiga, gue sangat mendambakan tempat belajar yang sustainable, yang komunitasnya jalan. Setelah lulus, masih ada banyak hal yang bisa kita ikuti

  • Kelas alumni, atau sebutannya “Club Week”. Kelas oleh alumni untuk alumni, bahas tips seputar dunia tech dan bisnis. Semuanya gratis ga bayar lagi. 

  • Club entrepreneur. Seperti ekskul kampus, ada pertemuan bulanan yang deep dive ilmu yang menarik banget. Selain club ini, ada juga club SEO, club Social Media, dll. 

  • RevoU Chapter. Komunitas alumni cabang geografis. Ada Chapter Bali, Jakarta, Bandung, Jogja, dan Depok-Bogor, dan masih banyak lagi. Sebulan sekali minimal ada kegiatan langsung. Yap, again, berjejaring, menambah koneksi dan ilmu baru tentunya


What to improve (Apa yang kurang)

Sejujurnya gue udah cukup puas dengan RevoU. Tapi tentu ada beberapa hal minor yang perlu ditingkatkan lagi, seperti:

  • Student Support: Gatau apa penyebabnya, tapi di saat student lain udah pada masuk grup Slack tanggal 21 Mei 2023, gue belum di-invite sama sekali wk padahal gue terdaftar untuk ikut batch Mei 2023. Gue harus minta 4x dulu dalam jeda hari berbeda, baru akhirnya dapet link join Slack. Sekalinya dapet, ternyata link nya ga work. Mungkin karena gue sempet defer 1 batch? Tapi idealnya tidak perlu ada keterlambatan masuk bahkan untuk Student yang defer. Tapi sorted out kok masalahnya.

  • Materi: Gue sempet baca review RevoU juga di aplikasi FOMO, dan ada yang bilang materinya itu bisa gratisan dari internet. Well, yes and no. Yes, karena materi dasar seperti pengertian Marketing, bedanya Marketing vs Branding, itu bisa google aja. Dalam hal ini, ini masuk ke kekurangan. Tapi 50:50 sih karena ada materi yg eksklusif hanya di RevoU. Contoh ada instruktur dari perusahaan e-Commerce terkemuka dan dia share insight Social Media Tips dari pengalaman dia kerja di sana, kasih contoh video terviral perusahaannya dan dia break down apa aja tipsnya. I don’t think we’ll find it elsewhere.

  • Community: Karena gue tulis di form kalau alamat gue di daerah A, Admin Community RevoU selalu chat gue kalau ada acara RevoU Chapter di daerah tsb. Suatu hari gue kabarin kalau gue pindah ke daerah B. Tapi, Admin Community RevoU tetep terus ngechatin gue kalau ada update event di daerah A (padahal gue udah ga di situ). Gue kabarin lagi kedua kalinya, dan masih sama, gue masih dapat informasi kurang relevan yang terkesan spamming dan seperti robot. (Tapi ini isu minor kok)


All in all, RevoU worth it untuk gue yang tujuannya

  • Ingin menambah ilmu baru di dunia tech

  • Ga materi doang, ada hands-on project sekalian

  • Ingin berkoneksi secara berkala dengan komunitas alumni

  • Ingin dapet kesempatan 1-on-1 dengan expert di bidangnya (SEO, Socmed, Performance Marketing)


Referral Time!


Coba gratis dulu aja sebelum beli kelasnya. Klik link di bawah

  • Khusus kelas berbayar, referral diskon di sini

  • Cus yang mau coba gratis, klik di sini


Tambahan

Thank you udah baca sampai abis! Kalau kalian masih penasaran RevoU tugasnya apa aja, gue juga upload contoh tugas gue di sini (Beberapa ada yang menang kompetisi juga!)

  • Google Ads (Analisis Toko Sepatu Online) di sini

  • Competition Week (Google Ads & Socmed Ads) di sini


Written by Angel Jauhari | Founder of Kolmi English


17 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page